ASYIK NYA BELAJAR PPKN!

Apa sih yang pertama sekali terlintas ketika mendengar PPKn? sebuah mata pelajaran di sekolah? kumpulan buku berisi banyak teori? tata hukum? tata negara? politik? wilayah? kebangsaan? semagat patriotik? ya ya dan iya! benar semuanya!

secara singkat PPKn adalah bidang studi yang membicarakan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam arti yang seluas-luasnya dengan  skup/skala (orientasi) berbangsa dan bernegara. (Muhammad Dimas AlFalah:2016)

apa aja yang dipelajari didalamnya? pasti sulit? padahal tidak ada yang sulit bila memang bersungguh sungguh,kan? dari PPKn inilah,kita akan belajar makna realita sosial secara holistik dalam perspektif kenegaraan.

Bangsa Indonesia bukan dari tercipta dari sekumpulan golongan ras,suku,atau agama tertentu. semua bersama sama berjuang mewujudkan cita cita luhur bangsa Indonesia. namun sebelumnya akan kuceritakan sedikit sebuah kisah dari seorang guru bidang studi sejarah pada semester 4 ketika aku masih mengenyam pendidikan SMA dulu.

guru tersebut bertanya, “kalian lihat foto para pahlawan di dinding kelas kalian?” kami pun melihat sekeliling kelas bahwasanya ada banyak  foto pahlawan nasional berjajar di tembok kelas dan kami menjawab “iya,kami melihat”. lanjut sang guru: “mengapa foto mereka terpajang padahal mereka gugur dalam medan tempur?” seakan akan jantungku berhenti berdetak,beberapa dari kami tertegun dan diantaranya memikirkan tak habis pikir. satu hal yang berkutat di kepalaku adalah :”itu sebagai wujud penghargaan jasa yang telah dia lakukan”. tak ada satupun dari kami yang bisa menjawab. langsung sang guru memberikan jawaban: “mereka para pahlawan yang telah gugur tersebut,berjuang melawan penjajahan dengan skala kedaerahan (lokal). tidak secara menyeluruh dan utuh.” “sehingga adapun imperialisme imperialisme di daerah lain juga masih berlangsung”.

dari kisah tersebut dapat memetik pelajaran,kita harus bergerak secara serentak dengan skala yang besar. namun harus dimulai dari hal hal yang kecil terlebih dahulu. agar cita cita bangsa dapat dirasakan oleh segenap tumpah darah bangsa Indonesia!

lantas seberapa penting belajar PPKn? bukan hanya PPKn semua bidang studi apapun itu ragamnya berikan pengabdian ilmu mu untuk bangsamu!

melalui PPKn lah kita pribadi disadarkan bahwa kita dilahirkan dengan ciri yang berbeda beda. tapi tetap merupakan satu kesatuan,bagian dari bangsa. satu Indonesiaku!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s